Penjaga Maritim

Penjagaan maritim selama ini hanya melewati telingaku, hari ini 17 april 2010, kulihat dengan mata kepalaku betapa berat pekerjaan yang di emban oleh TNI AL, Polri dan dinas perikanan kelautan. Belum lagi pekerjaan tersebut tidak di tunjang oleh fasilitas dan akomodasi yg kurang memadai.

Mulai dari pos penjagaan yang tidak terawat, fasilitas yg tidak memadai sampai pada jaminan akomodasi yg pas-pasan.

jaminan penghidupan tidak berimbang dengan pekerjaan yang diemban begitu berat dalam mengawasi/menjaga wilayah laut,perairan negeri ini.

Instansi yang cukup sibuk mengawasi wilayah maritime Indonesia  adalah dinas perikanan dan kelautan Kabupaten Nunukan, dimana wilayah ini berbatasan langsung dengan Negara tetangga malaysia. Pembenahan pos penjagaan yang mulai direnovasi tentunya dengan anggaran APBD.

Salah satu pos penjagaan yang sempat saya pantau adalah pos penjagaan iting-iting; dimana wilayah ini merupakan wilayah perairan yang sering dilalui berbagai kapal, mulai dari kapal nelayan, kapal tambang sampai kapal penumpang, kecuali kapal besar PELNI. Tidak jarang wilayah ini di lewati oleh para penyeludup kayu (illegal loging) lokal ataupun penyeludup dari Sulawesi yang membawa kayu2 langka untuk di bawah ke Malaysia.

Jadi bisa di pastikan bahwa wilayah ini sering dilewati oleh kapal2 yang membawa hasil bumi baik secara legal maupu illegal.

Pengawasan maritime dengan personil penjaga dari TNI AL, Polri dan dinas perikanan dan kelautan di kabupaten Nunukan tentunya usaha pemerintah dalam memprotek wilayah maritime cukup baik, akan tetapi keterbatasan peralatan dan akomodasi dibanding Negara tetangga adalah kendala bagi para personil penjaga wilayah maritime Indonesia.

Tinggalkan komentar

Filed under Blogroll

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s