PERMUKIMAN NELAYAN DESA OLAYA DI PARIGI.

Penulis : AZHARI SAMSUDIN.ST

Pengembangan dan penataan kawasan tepi pantai baik menata ruangnya maupun penataan permukimannya, seharusnya ditangani dengan program yang diatur sebaik-baiknya. Hal ini karena kota tepi pantai di Indonesia merupakan potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi baik bagi masyarakat pantai khususnya nelayan, maupun pihak pemerintah daerah setempat.
Tujuan penelitian yaitu untuk mendorong dan mengarahkan dalam menciptakan lingkungan permukiman yang sehat guna meningkatkan kualitas kehidupan manusia menjadi lebih sehat dan produktif dalam upaya pengembangan kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya. Sementara sasarannya adalah untuk menata permukiman nelayan di Desa Olaya Kecamatan Parigi didukung dengan ketersediaan prasarana dan sarana yang memadai, sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan layak huni.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan studi lapangan dan pencacahan lengkap (sensus). Studi lapangan dilakukan dengan cara melihat dan melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, sementara pencacahan lengkap dilakukan karena jumlah responden tidak lebih dari 100 kk. Setelah data-data dikumpulkan kemudian dianalasis dengan analisis deskriptif, analisis tabel frekuensi dan analisis peta.
Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa kondisi bangunan permukiman nelayan Desa Olaya tidak sesuai dengan kebutuhan ruang gerak penghuninya. Untuk prasarana dan sarana permukiman belum memadai, sehingga tidak dapat mendukung kegiatan para nelayan. Sementara kondisi sosial ekonomi dan budaya menunjukkan bahwa nelayan setempat terbelit dalam kondisi kemiskinan sehingga mereka tidak dapat melakukan pembiayaan pada rumah dan fasilitas permukimannya.

Tinggalkan komentar

Filed under Blogroll

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s